Header ADS

Cara Mendapatkan Page One Google Dengan Mudah


Menulis dan mempublikasikan sebuah kalimat di situs web hingga tulisan tersebut bisa menduduki peringkat halaman pertama (Page One Google) bukanlah hal yang mudah, banyak sekali para blogger yang mengalami kesulitan mengatasi hal ini, terlebih bagi mereka yang baru membangun sebuah situs website.

{tocify} $title={Table of Contents}
Namun pada tulisan kali ini, saya akan berbagi tips secara rinci dan jelas yang bisa Anda praktekkan ke dalam situs web yang Anda miliki. Sayangnya untuk meniru tulisan saya ini, dibutuhkan sedikit keseriusan agar supaya bisa berjalan semestinya tanpa adanya hambatan atau kendala apapun.

Apa itu Page One Google?

Page One Google adalah, ketika Anda mengetikan kata kunci tertentu di google search, maka mesin pencari ini akan memberikan hasil pencarian dalam sepersekian detik. Hasil ini disajikan berlaman-laman. Dari halaman satu hingga laman terakhir sesuai dengan banyaknya hasil pencarian. Istilah lainya, bisa juga disebut One Page Google.

Cara Page One Google

Sebelum Anda membaca tulisan tentang Cara Page One di Google atau tips dari saya, sebaiknya situs website yang Anda kelola sudah terdaftar di Google Search Console, dan tentunya telah memasang beberapa peta situs ke dalam website tersebut.

Untuk pemula! Apabila Anda merasa kesulitan bagaimana caranya mendaftar ke google search console dan memasang peta situs, silahkan bertanya lewat tombol kolom komentar yang telah saya sediakan di bawah. Atau bisa ikuti situs web ini, insyaallah lain kali akan saya uraikan bagaimana cara mendaftar dan memasangnya.

Riset Kata Kunci

Ini adalah hal yang sangat penting sebelum Anda menulis dan mempublikasikan sebuah artikel. Dengan meninjau kata kunci terlebih dahulu, maka Anda sudah mendapatkan satu poin, yaitu mendapatkan sasaran pembaca.

Jangan dibiasakan menulis dengan kalimat yang tidak bisa dipahami oleh mesin pencari, terlebih membuat judul sembarangan, terkecuali Anda punya sedikit uang untuk memasang iklan ke Google Ads, Facebook Ads, Tiktok Ads dan jasa periklanan yang lainya.

Rajin Memposting Artikel

Sering mempublikasikan tulisan, maka hal ini akan berdampak pada kecepatan indeks di Google dan mesin pencari yang lainya. Oleh karena itu, ketika Anda adalah seorang Blogger pemula dan ingin agar supaya artikel yang telah Anda terbitkan cepat terindeks, saran saya sering-seringlah menulis dan mempublikasikan Artikel.

Sering mempublikasikan artikel yang saya maksud disini adalah, bukan sebuah postingan otomatis atau sejenis blog AGCan ya, dan bukan pula nyepam, misalnya saja memposting artikel dengan kecepatan tinggi. Akan tetapi cukup sehari dua hingga sepuluh artikel saja.

Artikel Berkualitas

Semua orang bisa menulis, akan tetapi tidak semua orang bisa menulis dan menyusun kalimat dengan baik dan benar, contoh kecilnya saya sendiri. Oleh karena itu ketika Anda menulis, cobalah perhatikan setiap paragraf, titik, koma, judul, sub judul dan yang lainya.

Atau contoh yang lainya yang lebih ringkas, banyak orang yang bisa bagus menulis di dunia literasi, akan tetapi tidak bisa menguasai SEO. Jadi kesimpulanya, SEO itu di butuhkan ilmu literasi, akan tetapi orang-orang literasi belum tentu pandai mainan SEO. Itulah bedanya.

Tidak Copas Artikel

One page di google itu akan sia-sia saja ketika tulisan Anda kalah di serp. Oleh karena itu, menulis dengan tidak menyalin tulisan orang lain ke dalam situs web yang Anda miliki sangatlah penting. Misalnya saja tulisan atau artikel AGC dan praktek salin tempel yang lainya.

Sebab dalam beberapa tahun terakhir, saya telah mencoba bereksperimen tentang praktek salin tempel ini. Ternyata artikel yang hasil copy paste tersebut tidak bertahan lama di halaman utama mesin pencari, selanjutnya merosot dan hilang dari peradaban google pencarian.

Perkecil Ukuran Gambar

Kita semua tahu, bahwa google itu tidak menyukai situs web yang sulit diakses. Dengan mengubah atau memperkecil ukuran gambar, maka itu adalah salah satu cara bagaimana artikel tersebut bisa menduduki peringkat pertama google. Untuk memperkecil ukuran gambar, tetapi tidak mempengaruhi kualitas gambar tersebut, saya menyarankan untuk menggunakan Squoosh App.

Namun sebelum Anda mengunggah gambar tersebut, sebaiknya Anda tambahkan watermark nama situs web maupun blog Anda. Sebab, banyak sekali para pencuri gambar yang tidak ahli dalam dunia desain yang mengambilnya sembarangan kemudian mempublikasikan ulang. Apabila di publikasikan ulang, biasanya gambar pengunggah pertama ini akan didepak dari google pencarian.

Situs Mudah Diakses

Mudah diakses di sini yang dimaksud adalah, ketika pengguna mengunjungi situs web yang Anda kelola, mereka tidak mengalami kesulitan maupun kendala, meskipun mereka menggunakan perangkat yang berbeda-beda, atau bahasa yang tepat, loading ringan dan mobile friendly.

Oleh karena itu pilihlah template yang memang benar-benar mendukung di semua perangkat. Saran saya, jangan mengambil template gratisan yang telah tersebar di google, tetapi belilah ke pengembang template profesional. Sebab bisanya selain bisa mendapatkan versi premium dan original, pengembang template akan memberi dukungan sepenuhnya apapbila dikemudian hari terdapat kendala.

Artikel Bermanfaat

Selain cara di atas, agar supaya tulisan Anda page one di google, menulis dengan memberi penjelasan sejelas-jelasnya ke pengguna atau semua orang pengunjung situs website yang Anda miliki, ini bagian yang sangat penting dan wajib.

Artinya berilah pengunjung kepuasan dan menemukan solusi saat mereka mencoba mengatasi masalah yang sedang mereka alami. Contoh kecilnya "Cara Membuat Es Teh", dengan demikian, maka artikel atau tulisan Anda harus menulisnya secara lengkap, mendetail dan jelas.

Mendaftar Ke Google News

Ini adalah langkah wajib yang harus Anda ikuti berikutnya, dengan mendaftarkan situs web yang Anda kelola ke dalam pusat pemberitaan Google News, ini akan berdampak baik dan bisa mendapatkan peringkat google, hingga situs web Anda menjadi SEO Friendly.

Mendaftar google news yang saya maksud disini adalah, situs website Anda harus sudah diterima atau di aproved sebagai penerbit pusat pemberitaan di google ya, dan bukan masih tahap peninjauan oleh google. Tentang bagaimana cara mendaftar google news, bisa Anda baca di Hyperlink yang telah saya sediakan Berikut ini .

Penutup

Itulah beberapa tips sederhana dari saya tentang bagaimana caranya page one di google dengan mudah untuk pemula berdasarkan pengalaman saya pribadi yang telah terjun di dunia blogging selama bertahun-tahun itu.

Intinya agar supaya artikel yang kita tulis bisa page one di google dan bertahan di serp adalah sebagai berikut ini:

  • 1. Riset Kata Kunci.
  • 2. Rajin Memposting Artikel.
  • 3. Artikel Berkualitas.
  • 4. Tidak Copas Artikel.
  • 5. Perkecil Ukuran Gambar.
  • 6. Situs Mudah Diakses.
  • 7. Artikel Bermanfaat.
  • 8. Mendaftar di Google News.

Bagaimana? "Mudah bukan?" Akan tetapi jika Anda merasa penasaran dengan sedikit penjelasan yang saya uraikan diatas, silahkan di praktekan kedalam blog maupun situs website yang Anda kelola. Sebab, biar bagaimanapun tutorial terbaik itu adalah pengalaman pribadi, dan bukan dari orang lain.

Namun apabila Anda merasa kesulitan, silahkan kembali kesini dan kita diskusikan bersama-sama, agar supaya Anda dan kita semua bisa menjadi seorang SEO Expert atau seorang ahli seo yang mampu bersaing dengan para ahli seo yang lainya.

Penulis: Hendri Asmoro .

Beri masukan dan tanggapan Anda tentang artikel ini secara bijak.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Header ADS
Header ADS